Monday, May 19, 2014

Perangkat Desa di Kudus Ikuti Bimbingan Teknik Pengelolaan Keuangan

 KUDUS - Kekuatan negara berawal dari desa. Jika desa dikelola dengan baik maka akan baik juga negara ini. Maka pengelola desa harus punya kemampuan yang memadai. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan dalam pengelolaan keuangan.

Hal itu dikatakan Bupati Kudus, Musthofa, pada saat membuka acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa di lantai IV gedung Setda Kabupaten Kudus, Senin (19/5/2014).

Dia menjelaskan, bahwa pemahaman akan tata kelola keuangan yang baik merupakan modal yang sangat berharga dalam membangun desa. "Maka dari itu jangan sampai tidak paham. Apalagi malah tidak kompak," katanya.

Menurutnya, kekompakan sangat diperlukan agar desa mempunyai arah pembangunan yang jelas. Pada hakekatnya dalam pengelolaan keuangan, ada empat hal yang bisa dijadikan pegangan.

"Pertama adalah harus transparan, kemudian akuntabel, bersifat partisipatif dan tertib-disiplin anggaran. Selain itu tentunya jangan lupakan juga prinsip 4 T," jelasnya.

Oleh karena itu, Musthofa mengajak para pengelola keuangan untuk mengelola keuangan Desa secara baik. Hal itu bisa dilakukan jika para pengelola mengerti teknis dan aturannya.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Agus Budi S menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara teknis bagi para pengelola keuangan di desa. Untuk itu, bintek ini diikuti oleh para kaur keuangan, sekdes dan sekretaris BPD. "Hari ini Bintek diikuti oleh  desa di lima Kecamatan. Sedangkan empat Kecamatan yang lain diagendakan besok pagi," katanya.
Sumber : TRIBUNJATENG.COM

0 comments:

Post a Comment