Saturday, October 15, 2011

Disk Cleanup

selain Menggunakan Disk Defragmenter, Disk Cleanup harus sering dijalankan
Aplikasi pelengkap dan sederhana yang berfungsi untuk membersihkan harddisk dari segala file yang tidak diperlukan lagi.

Langkah untuk menjalankan Disk Cleanup adalah sebagai berikut :
1. Klik tombol start pada taskbar, lalu klik All program, Accessories, System tools, Disk Cleanup, dilayar anda akan muncul kotak dialog Select Drive.
2. Tentukan drive sesuai denga keinginan anda dengan memilih dropdown pada bagian Drivers, misalnya klik pilihan DINA (C:), lelu klik tombol ok.

3. setelah pemilihan proses drive , maka computer akan melakukan scanning untuk melihat dan mencari file yang sudah tidak diperlukan lagi.
4. Setelah proses Scanning selesai, maka dilayar anda akan muncul kotak dialog Disk Cleanup for DINA (C:).
5. Pada kotak dialog tersebut, tentukan folder yang berisi file yang berisi file yang sudah tidak diperlukan lagidengan memberikan tanda ceklist pada bagian yang diinginkan pada daftar Files To Delete.
6. Untuk pengaturan lebih lanjut, klik tab More Options, lalu lakukan pengaturan sesuai yang kita inginkan. Kemudian muncul tampilan di layar anda. Pada bagian Windows Components, klik tombol Cleanup yaitu menghapus komponen windows XP yang tidak diguanakan, Pada bagian Installed Program, klik tombol Clean up yaitu untuk menghapus program aplikasi windows Xp yang tidak digunakan, pada bagian System Restore, klik tombol Clean Up untuk menghapus data restore point.
7. Klik tombol Ok untuk menjalankan Disk Cleanup, lalu dilayar akan tampil kotak dialog.
8. Klik tombol Yes untuk menjalankan proses Disk Cleanup, kemudian di layar akan terlihat kotak dialog sedang melakukan proses disk cleanup.

0 comments:

Post a Comment